smujib Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di smujib.id

Cara Upgrade Android Oreo 8.1 firmware samsung J7 Series

4 min read

Cara Upgrade Android Oreo 8.1 firmware samsung J7 Series

Tips Upgrade Android Oreo 8.1 di Samsung Galaxy J7 Series

Samsung baru-baru ini meluncurkan pembaruan Android Oreo untuk beberapa perangkat Seri J. Perusahaan samsung telah memutuskan untuk memutakhirkan Galaxy J7 Prime lama ke pembaruan Android 8.1 Oreo. Pengen coba gak sih?

“nah samsung akhirnya mulai menggulirkan pembaruan Android Oreo untuk Galaxy J7 Prime.

Pembaruan berbobot sekitar 1 GB ini membawa semua fitur Android 8.1 oreo bersama dengan pengalaman Skin versi 9.0 untuk Galaxy J7 Prime.

Untuk melakukan upgrade android Oreo disarankan menggunakan layanan internet wifi, karena kuota internet yang dibutuhkan untuk upgrade Android Oreo 8.1 kurang lebih 1 GB.

Pada upgrade Android Oreo ini adalah jika proses upgrade dan internet terputus maka langsung melanjutkan tanpa mengulang dari awal, Jadi tidak perlu kwatir lagi jika internet terputus.

Nah sebelum kita bahas lebih jauh mengenai cara mengupgrade smartphone Samsung Galaxy J7 Series ke Android Oreo 8.1 maka terlebih dahulu kita bahas apa saja keunggulan yang ditawarkan Android terbaru ini.

Keunggulan Android Oreo 8.1

Android Oreo adalah literasi terbaru dari OS Android setelah di rilis Android 7.0 Nougat. Kehadiran android oreo 8.1 membawa fitur-fitur seperti berikut:

1.Emoji Baru

Google telah mendesain emoji pada Android Oreo, yang mana terlihat lebih cartoonish daripada emoji pada Android Nougat.

2.Picture in Picture

Pada fitur PiP, kamu dapat melakukan video call dari Duo sambil menonton video di Chrome menggunakan mode Picture in Picture (PiP). Caranya cukup tap tombol Home saat video diputar.

3.Penyempurnaan App Shortcuts

Jika di Android Nougat kamu bisa mengakses app shortcuts dengan cara tap ikon aplikasi selama beberapa detik, Pada android Oreo tampilan shortcut telah disempurnakan. Kamu bisa mengakses widget aplikasi dari menu shortcut.

4.Menu Settings Lebih Simpel

Pada menu Settings telah dikategori ulang di mana menu slide out tidak ada. Ketika menggunakannya pertama kali memang akan membuat sedikit bingung, namun lama kelamaan akan terbiasa dengan menu setting pada android terbaru ini.

Baca juga :  Cara Download Smule VIP Terbaru

Selain fitur di atas, Android Oreo juga memiliki fitur teks cerdas, sistem keamanan baru, auto-enable Wi-Fi, pengaturan baterai, notification dots, dan ikon aplikasi yang bisa disesuaikan.

Fitur Baru Android 8.1 Oreo

Peluncuran Android Oreo 8.1 kini memiliki banyak fitur yang mumpuni yang dapat menarik minat para pengguna smartphone, nah berikut ini merupakan fitur terbaru dari android oreo 8.1.

Peningkatan pada Notifikasi

Android Oreo OS meningkatkan penentuan prioritas notifikasi pada Panel notifikasi dan kemampuan untuk mempersonalisasinotifikasi. Berikut ini adalah daftar peningkatan pada pengaturan notifikasi :

  • Perubahan pada pengaturan Lencana Ikon Aplikasi
    Pada OS Oreoterbaru, lencana notifikasi pada ikon aplikasi terhubung dengan panel notifikasi. Hilangkan notifikasi di satu lokasi dannotifikasi juga akan dihilangkan di lokasi lain.Pada OS Nougat, menghilangkan notifikasi di panel notifikasi tidakakan menghilangkan lencana notifikasi pada ikon aplikasi. Notifikasi pada ikon aplikasi memiliki gaya baru yang disebut“titik notifikasi”.

    Pengguna dapat menekan lama pada ikon aplikasi untuk memunculkan dialog pop-up yang menampilkannotifikasi. Notifikasi pada ikon aplikasi hanya muncul sebagai angka di Nougat OS (versi lama).

  • Akses lebih cepat ke fitur menyemat dan menunda notifikasi
    Sekarang Anda bisa lebih cepat mengakses pengaturan menyemat dan menunda notifikasi hanya dengan sekali geser. Di NougatOS, pengguna harus membuka layar pengaturan untuk menyesuaikan pengaturan.
  • Akses lebih cepat ke notifikasi aplikasi yang disukai
    Di layar depan, Anda bisa menarik turun drawer notifikasi dan menekan lama pada notifikasi aplikasi mana pun, dan bisa langsung mengubah pengaturan notifikasi aplikasi yang disukai.Ini membantu Anda memilih dengan mudah notifikasi aplikasi mana yang akan diaktifkan/dinonaktifkan.

Peningkatan pada pengelolaan layar depan

  • Perubahan UX pada Edge aplikasi

Tombol ‘Pengaturan’ telah dipindahkan ke sisi kiri dan bukan tengah
Tombol ‘Edit’ telah ditambahkan
Ikon telah ditambahkan ke daftar panel
Pengguna bisa mengubah dengan mudah posisi Edge aplikasi dengan menekan lama pada handle
Efek cahaya Edge baru telah ditambahkan (1 efek dasar + 3 efek baru). Buka Pengaturan > Display > Layar Edge > Gaya cahaya Edge > Ubah Efek

  • Peningkatan Layar Terpisah

Jika Anda menempatkan aplikasi ke tampilan layar terpisah, mengklik tombol Kembali atau Home tidak akan berpengaruh pada tindakan tersebut. Aplikasi tersebut tetap akan terlihat di bagian atas layar ponsel Anda.

  • Jalan pintas ditambahkan ke opsi aplikasi

Tekan lama pada aplikasi apa pun dan Anda akan menemukan opsi jalan pintas khusus aplikasi tersebut. Opsi jalan pintas mungkin berbeda antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya karena opsi tersebut bersifat unik untuk masing-masing aplikasi.

Sebagai contoh, opsi jalan pintas unik untuk YouTube adalah Cari, Langganan, dan Trending sementara jalan pintas untuk Google Maps adalah Rumah dan Kantor.

  • Dual Messenger ditambahkan ke Pengaturan

Dual Messenger memungkinkan Anda untuk menginstal salinan kedua dari aplikasi pesan sehingga Anda bisa menggunakan dua akun di saat yang bersamaan.

Untuk aplikasi yang memverifikasi akun menggunakan nomor telepon, Anda akan membutuhkan nomor telepon yang berbeda untuk masing-masing akun.

Sekarang Anda bisa tap dan tahan aplikasi pesan pada layar Depan atau Aplikasi untuk menginstal aplikasi kedua atau buka Pengaturan > Fitur lanjutan > Dual Messenger.

  • Peningkatan Layar Kunci dan Always on Display (AOD)
  1. Gaya jam baru untuk layar kunci dan AOD
  2. Anda bisa menyesuaikan transparansi notifikasi untuk mendapatkan tampilan yang Anda mau
  3. Informasi cuaca akan ditampilkan kepada pengguna ketka alarm berbunyi
  4. Sistem suara timer bekerja secara independen dari pengaturan suara sistem : pengguna bisa mengatur timer dengan opsi getaran dan mengubah suara sesuka hati
  5. Peningkatan pada Keyboard
  6. Toolbar yang ditambahkan ke keyboard memungkinkan akses lebih mudah ke berbagai fungsi
  7. GIF ditambahkan ke keyboard
  8. Set Emoji baru (5.0) ditambahkan ke keyboard
  9. 4 tema berkontras tinggi ditambahkan ke keyboard

Peningkatan Lainnya

  • Fitur Sembunyikan Album ditambahkan ke Galeri

Untuk privasi pribadi, Anda sekarang bisa menyembunyikan album dengan mengklik Pengaturan pada layar Galeri >Sembunyikan album >Pilih album > Tap Sembunyikan.

  • Pengaturan Pemutar Video

Kecepatan playback maksimum ditingkatkan ke 0,5~2,0x
Ulang Otomatis ditambahkan
Fungsi tombol ‘Kembali’ diubah: tap sekali untuk keluar dari aplikasi

  • Smart View

Anda bisa menonaktifkan layar perangkat seluler Anda ketika terhubung ke TV (melalui Smart View). Ini akan mengurangikonsumsi baterai dan silau.

  • Samsung DeX
  1. UX Semua Aplikasi telah diubah
  2. Layar Semua Aplikasi sekarang menampilkan 38 aplikasi sekaligus untuk akses dan visibilitas yang lebih baik
  3. Game Launcher dapat dilihat dalam mode layar penuh

Cara mudah Upgrade Android Oreo 8.1 di Samsung Galaxy J7 Series

Sebelum memulai proses pengunduhan OTA, pastikan ponsel Anda memiliki cadangan baterai yang cukup dengan setidaknya 50% baterai. Juga, periksa apakah Anda.

Pastikan memiliki cukup penyimpanan untuk mengunduh dan menginstal pembaruan Android Oreo.

gunakan koneksi Wi-Fi atau 4G untuk mengunduh pembaruan perangkat lunak untuk perangkat samsung anda.

  1. Buka pengaturan perangkat -> Tentang Telepon -> Pembaruan perangkat lunak. Kemudian pilih unduh pembaruan perangkat lunak secara manual.
  1. Kemudian akan muncul informasi pembaruan perangkat lunak pada perangkat anda beserta informasi mengenai fitur fitur terbaru dari Android Oreo 8.1 jika anda scroll ke bawah, kemudian klik unduh dan tunggu sampai perngkat anda selesai mengunduh pembaruan perangkat lunak.
  2. Setelah perangkat selesai mengunduh permbaruan perngkat lunak selanjutnya klik instal sekarang untuk segera menginstal pembaruan perangkat anda ke androi oreo 8.1. selanjutnya perangkat akan otomatis restart untuk memasang pembaruan sistem sekitar 15 menit.
  3. Setelah perangkat selesai memasang pembaruan sistem, anda dapat cek versi android anda pada pengaturan perangkat kemudian klik tentang ponsel dan pilih informasi perangkat lunak, dan android Oreo 8.1 dapat anda nikmati.

Langkah-langkah untuk Menginstal Galaxy J7 Prime Android 8.1 Oreo

Jika ponsel anda tidak memiliki pembaruan terbaru, maka harus menginstal firmware, Anda harus terlebih dahulu mengunduh perangkat lunak, firmware, dan driver yang diperlukan pada PC Anda.

Unduh ODIN dan Drivers:

  • Anda harus menginstal Perangkat Lunak Samsung Kies
  • Anda juga perlu menginstal Driver USB Samsung

Prasyarat:
1. Unduh firmware dan driver yang diperlukan.
2. Perangkat Anda harus memiliki 50% – 70% Baterai.
3. Anda memerlukan PC atau Laptop untuk menginstal firmware ini.
4. Ambil Cadangan Penuh di ponsel Anda sebelum Memasang firmware baru apa pun. Jadi pastikan Anda memiliki data untuk berjaga-jaga jika ada yang salah (Proses ini tidak akan kehilangan data Anda).
5. Masuk ke Mode Unduhan Samsung.
6. Pastikan Anda telah mengikuti langkah-langkah dengan benar.

Unduh pembaruan Android Oreo 8.1 firmware samsung J7 Series terbaru dan nikmati fitur terbaru android Oreo 8.1.

Demikian informasi mengenai cara upgrade Andoid Oreo 8.1 di Samsung J7 Series. Terimakasih sudah mampir blog ini semoga bermanfaat dan dapat membantu kita untuk saling berbagi informasi.

smujib Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di smujib.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *