smujib Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di smujib.id

Terbaru Quran in Word 3.0 Support Semua Versi Office

3 min read

Sekarang kita dapat menulis ayat atau surat Al-Qur’an di Ms Word lebih mudah dan cepat, karena sudah ada plugin Quran in word.

Dengan bantuan plugin ini anda tidak perlu menulis Al-Quran satu persatu karena bisa dilakukan secara otomatis.

Quran in Word merupakan sebuah software atau add-in untuk Ms Office Word yang berguna untuk mengetik ayat-ayat Al Quran beserta terjemahannya.

Dalam mengetik ayat atau bahkan surat dalam Al Quran (terutama buat yang belum terbiasa mengetik huruf Arab di komputer), Quran in Word juga bisa menghemat waktu kita.

Kita harus berterima kasih kepada pencipta Quran in Word yaitu Mas Muhammad Taufiq yang sudah bersedia melakukan update terbaru dengan fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi sebelumnya Pada tanggal 26 Januari 2018 kemarin pengembang telah memperbarui aplikasi Qur’an in Ms.

Word ke versi 3.0.

Paling kentara tentu saja tampilan. Quran in Word 3.0 kini tampil di tab tersendiri, selaras dengan toolbar Office Word pada umumnya, pada umunya versi ini berbeda dengan sebelumnya. Tombol fungsinya juga tertata rapi sesuai antarmuka ribbon khas Office 2007 ke atas.

Cek screenshot berikut:

 

Dari menu paling kiri sampai menu paling kanan kita bisa menemukan menu Select Surah Ayah, Action, Ayah Style, Word by Word, Translation Style, Islamic Symbol, dan Help.

Selain itu, Quran in Word terbaru ini juga dibekali beragam fitur anyar yang menunjang fungsi utamanya. Sebut saja terjemahan per kata, penambahan akar kata Al Quran, pencarian akar kata, penambahan bingkai, kurung, serta simbol Islamis.

Baca juga :  Cara Mengganti Kata yang Salah di Ms Word

Terjemahan per kata dan penambahan akar kata pada Quran in Word 3.0

Sebagai alternatif dari terjemahan per ayat, kini kita bisa menampilkan terjemahan ayat Al Quran per kata (saat ini tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris), sehingga lebih mudah dipahami.

Terdapat pula fitur penambahan akar kata yang memudahkan kita dalam menentukan akar kata dalam bahasa Arab dimana fitur ini masih dalam satu menu.

Lalu bagaimana caranya?

Berikut ini cara menambahkan terjemahan per kata ataupun akar kata di Quran in Word 3.0yang terbilang mudah:

1. Pertama kita tentukan surat dan ayat yang dikehendaki pada menu Select Surah Ayah, misalnya Al Fatihah ayat pertama,
2. klik tombol “Word by Word” yang terdapat pada menu Word by Word. Selanjutnya pilih bahasa terjemahan di bagian “Translation”. Jangan lupa pula klik “Root of Word”.
3. Tuju menu Action kemudian klik tombol “Write to Document”. Maka ayat yang dimaksud akan tampil di lembaran dokumen Word lengkap dengan terjemahan per ayat dan per kata, serta akar dari masing-masing kata dalam ayat tersebut, seperti screenshot berikut.

Pencarian akar kata bahasa Arab dalam Al Quran

Tahu kah kalian kalau kita pun bisa mencari kata dalam Al Quran dengan Quran in Word 3.0. layaknya versi 2.2, Bedanya di versi terbaru ini kita juga bisa melakukan pencarian berdasarkan akar katanya.

1. Caranya cukup klik “Search Quran” pada menu Select Surah Ayah untuk memunculkan panel pencarian di sisi kanan layar,
2. Pilih “Root Word”,
3. Masukkan kata yang akan dicari (gunakan keyboard virtual di samping tombol “Search” untuk mengetik huruf Arab),
4. Klik tombol “Search”, dan pilih nama surat yang muncul untuk melihat hasilnya (ditandai dengan warna merah, cek screenshot di atas).

Baca juga :  Terbaru Quran in Word 2.2 Support Office

Menambah bingkai, kurung, dan simbol pada Quran in Word 3.0

Tampilan ayat atau surat Al Quran yang diketik di Office Word dapat kita buat lebih indah dengan fitur ini, kita bisa menambahkan bingkai, kurung, dan simbol-simbol Islamis melalui fitur baru di Quran in Word 2018.

Mari kita lihat menu Ayah Style untuk mengaktifkan bingkai (Border) dan kurung (Bracket) sebelum klik “Write to Document”. Khusus simbol Islamis bisa dipilih langsung melalui menu Islamic Symbols.

Masih di menu yang sama dengan simbol Islamis, kita bisa memilih beberapa variasi bingkai melalui tombol “Border” (bila kurang bisa ditambah sendiri dengan menempatkan gambar bingkai di C: \ Program Files \ QuranInMsWord \ data \ border – contoh formatnya bisa disesuaikan dengan file border yang sudah ada).


Jadi bisa dikatan untuk versi 3.0 adalah versi yang lumayan lengkap dengan berbagai fitur terbaru untuk menulis ayat atau sutar AlQuran dengan mudah. Namun jika ingin tampilan simpel gunakan versi sebelumnya yaitu versi 2.2.

Cara Menulis Al-Qur’an Beserta Terjemahnya

Cara yang pertama ini sering digunakan untuk keperluan formal seperti skripsi,makalah, buku, atau tugas ilmiah lainnya dengan mengambil cuplikan ayat AlQuran beserta dengan terjemahnya.
1. Pada halaman kerja Ms. Word silahkan pilih Tab “Alquranul Karim“
2. Pada Tab select surah ayah; silahkan pilih surat yang diinginkan, kemudian pilih ayat (dari dan ke ayat berapa)
3. Pada tab Action; centang pada ayah quran dan translation
4. Tab Ayah style; pilih mark ayah
5. Translation style; pilih translate bahasa yang diinginkan font dan size
6. Jika settingnya sudah seperti diatas, terakhir klik “Write to dokument” pada tab action. Perhatikan gambar berikut:
Itulah cara untuk menulis al-Quran beserta terjemahannya, dan untuk fungsi lainnya silahkan kalian coba sendiri seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Baca juga :  Cara Merubah Ukuran dan Jenis Font Nomor Halaman Ms. Word

Download Quran in Word 3.0 Terbaru

Sebelum men-download software Quran in Word, alangkah baiknya cek terlebih dahulu versi bit Office Word melalui File – Account – About Word pada PC/Laptop yang anda gunakan. apabila tertera 64-bit, silakan unduh Quran in Word 64-bit, bila tertera 32-bit, maka silakan unduh Quran in Word 32-bit.

Untuk dapat meng-installnya Silahkan klik link berikut dibawah ini.

Microsoft Office 2010, 2013 dan 2016

  1. Quran in Word Versi 32bit | Quran in Word Versi 64bit
  2. Quran in Word Versi 64bit | Quran in Word Versi 64bit

Microsoft Office 2007

  1. Redirect link – Quran in Word 3.0
  2. Google Drive – Quran in Word 3.0

Nah demikian informasi singkat mengenai Download Qur’an in Word Terbaru 3.0 support semua versi office, semoga dapat membantu kalian semua yang sedang mencari cara mendownload Qur’an in Word versi 3.0.

Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan melalui kolom komentar dibawah.

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, Selamat mencoba.

smujib Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di smujib.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *