smujib Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di smujib.id

Cara Merubah Ukuran dan Jenis Font Nomor Halaman Ms. Word

4 min read

Kalian pasti sudah tahu apa itu miscrosoft word, nah saya akan jelaskan kembali disini bahwa Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft.

Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989).

Kemudian diberi nama Microsoft Office WordSetelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007.

Microsoft Word merupakan software utama yang paling sering digunakan oleh para penulis atau mahasiswa dalam membuat karya ilmiah atau karya tulis mereka.

Microsoft Word adalah software yang sering digunakan untuk mengolah kata atau dokumen ( word processor ). software ini sering kali kita jumpai disetiap komputer maupun laptop. Disini juga akan saya bahas kembali mengenai Fasilitas yang dapat kalian manfaatkan dari software microsoft word.

Fasilitas Microsoft Word

Seperti yang kita tahu bahwa MS Word digunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Tetapi kadang kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS Word, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen.

Maka dari itu tujuan penulisan ini adalah mengingatkan kembali berbagai fasilitas yang ada dalam MS Word.

1. Jenis huruf

Sebaiknya tentukan dulu default font yang akan akan digunakan supaya dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”,. (Menu Home+ Font)

2. Pembuatan Numbering

Pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka) dan sejenisnya biasanya mengacu kepada peraturan tertentu. Oleh karena itu harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan aturan pembuatan suatu dokumen dalam Word.

Baca juga :  Cara Mengganti Kata yang Salah di Ms Word

3. Pembuatan Outline

Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal tersebut akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen, Biasanya pembuatan bentuk outline minimal sampai dengan level 3, ada kalanya pada saat perpindahan dari setiap level pembuatan outline, kita diharuskan untuk mengubah list level.

4. Pemakaian Break Section

Break section diberikan untuk setiap pergantian halaman atau untuk halaman selanjutnya dengan jenis yang berbeda ( Menu Page Layout +Break +Next Page). Suatu dokumen biasanya terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis i, ii, iii atau Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3”).

5. Penomoran Halaman

Penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section, seperti yang telah disebut pada poin 4. Untuk setiap section dapat diberi nomor halaman seperti yang diinginkan ( Menu insert » Page Number » Format Page Number » Page numbering » start at » pilih letak penomoran pada bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu disesuaikan.

6. Pembuatan Daftar Tabel

Usahakan Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar dengan memilih Menu References » insert Caption » pada option pilih label yang diinginkan » hilangkan tanda centang pada exclude label from caption. Berbeda lagi untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references » insert table of figures maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.

7. Pembuatan Daftar Isi

Pengguna Ms Word pasti sudah tidak asing dengan pembuatan daftar isi secara otomatis, yaitu dengan memilih references + table of contents, apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel).

Baca juga :  Terbaru Quran in Word 2.2 Support Office

8. Editing dengan Document Map

Sudah tau apa itu document map?

“fasilitas document map dilakukan agar editing dapat dilakukan cepat dengan memilih Menu View » document map.

Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat), namun untuk word terbaru biasanya menggunakan menu view kemudian terdapat pilihan navigation pane.

Baca juga : Quran in Word 3.0 Support Semua Versi Office

Selain digunakan untuk mengolah kata atau dokumen seperti di atas, kalian juga dapat menggunakan fasilitas tambahan yang ada dalam MS word di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Clip Art, yaitu fasilitas untukmenggunakan gambar-gambar bawaan dari program MS Word tersebut.
  • wordArt, yaitu fasilitas untuk menggunakan model-model huruf atau bentuk huruf yang artistik.
  • Drawing, yaitu faslitas untuk membuat bagan, denah, flowchart dll.
  • Math Equation, yaitu untuk penulisan rumus matematika
  • Chart, yaitu untuk membuat grafik.

Fungsi utama dari Microsoft Word

Fungsi utamanya antara lain adalah mengolah kata, sehingga semua pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan kata dapat dikerjakan secara mudah dengan bantuan program ini. Berikut beberapa fungsi Microsoft Word:

1. Membuat surat menyurat

Fungsi Microsoft Word yang pertama adalah membuat surat menyurat. Pada awalnya untuk membuat surat, kalian perlu menulisnya di selembar kerta, atau mengetik dengan menggunakan mesin ketik. Namun setelah muncul Microsoft Word, untuk membuat sebuah tulisan atau surat menyurat, kalian akan lebih dimudahkan.

2. Membuat dokumen

Selain fungsi Microsoft Word sebagai program untuk membuat surat, fungsi lain dari Microsoft Word adalah membuat dokumen. Segala jenis dokumen formal, semi formal, atau tidak formal, dapat dibuat menggunakan program ini. Jika ingin di cetak, kalian hanya perlu menghubungkan komputer atau laptop ke perangkat lain seperti printer.

3. Membuat dokumen dengan berbagai variasi

Jika dulu untuk membuat sebuah dokumen hanya bisa menggunakan mesin ketik atau menulisnya, sehingga variasi atau tampilan dari dokumen tersebut akan biasa saja. kalian bisa membuat dokumen yang lebih menarik dengan adanya Microsoft Word.
Seperti mengganti font, membuat tulisannya menjadi lebih tebal, lebih kecil, atau lebih besar. Dokumen kalian bisa menjadi lebih menarik dan bervariasi dengan banyak tools yang dapat kalian lakukan menggunakan Microsoft Word.

Baca juga :  Terbaru Quran in Word 3.0 Support Semua Versi Office

4. Menambahkan gambar pada dokumen

Ini adalah fungsi Microsoft Word yang mempermudah kita dalam melakukan menyisipkan gambar pada sebuah dokumen. sebelumnya, gambar hanya bisa ditempel menggunakan lem namun kini gambar bisa langsung disisipkan ke dokumen tanpa harus menempelkannya dengan lem. Kalian juga bisa mengatur gambar agar sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

5. Membuat tabel

Fungsi Microsoft Word selanjutnya adalah membuat tabel. Kini membuat tabel dalam sebuah dokumen tidak perlu lagi harus menggambar menggunakan penggaris.

Salah satu tools yang ada di Microsoft Word adalah menyisipkan tabel yang dapat kalian ubah-ubah bentuk dan jumlahnya, sangat membantu bukan.

Pada karya ilmiah seperti makalah atau skripsi biasanya memiliki format jenis dan ukuran font standar yaitu jenis font Times New Rohman dan ukuran 12 pt yang sudah disepakati dan digunakan diberbagai instansi.

Cara Menggunakan Font Default

Apabila komputer kalian menggunakan font default microsoft word adalah jenis font calibri (body) dengan ukuran 11pt, maka harus mengubah terlebih dahulu ke font yang diinginkan.

Berikut cara mengubahnya.

1. Pertama, masuk ke bagian Header dan Footer salah satu halaman.

2. Blok nomor halaman pada halaman tersebut, kemudian klik kanan. Akan muncul kotak dialog untuk pengaturan.

Atau bisa juga mengubahnya melalui toolbar menu home seperti gambar dibawah ini

3. Ubah jenis font dan ukurannya sesuai format yang telah ditetapkan.

Nah gampang kan cara mengubah Ukuran dan Jenis Font nomor halaman pada Microsoft Word, semoga dapat membantu kalian yang masih bingung dengan cara mengubah ukuran dan jenis font dalam membuat halaman atau page pada karya tulis kalian.

Jangan lupa ikuti terus postingan selanjutnya untuk tetap update cara-cara terbaru untuk menambah pengetahuan kita.

Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah ya.

Selamat mencoba.

smujib Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di smujib.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *