Web

5 Plugin untuk Mempercepat Situs WordPress

Written by Aditya Sastra
· 2 min read >

Cara Mempercepat Website/Blog

WordPress adalah salah satu sistem manajemen konten paling populer yang ada. Ini sering digunakan oleh bisnis untuk membuat dan memelihara situs web yang menawarkan informasi, dan layanan. Sesuai penelitian Kinsta, 37% situs web di internet dibuat menggunakan WordPress. Ini cukup signifikan, dibandingkan dengan pesaing seperti Wix (1,6%) dan pangsa situs web global Joomla (2,6%) masing-masing.

Terlepas dari semua upaya yang dilakukan tim atau individu dalam mengembangkan situs web WordPress yang kaya dan multifaset, sesuatu yang pasti dapat merusak pengalaman pengguna adalah kecepatan situs web, atau lebih tepatnya, ketiadaan. Artikel sebelumnya membahas mengapa kecepatan situs web penting bagi bisnis dan mengapa seseorang tidak boleh menghindari pengoptimalan kecepatan situs web.

Artikel ini membahas bagaimana pengguna WordPress dapat mempercepat situs web mereka dengan memanfaatkan plugin pengoptimalan kecepatan di WordPress sebagai berikut.

1. W3 – Total Cache untuk penyimpanan cache yang efektif

W-3 Total Cache adalah plugin yang sangat disukai di kalangan pengembang situs web dan komunitas WordPress. Plugin canggih ini meningkatkan kinerja situs web dengan mengurangi waktu muat halaman secara signifikan melalui peningkatan integrasi CDN. Ini juga menghasilkan peningkatan SEO dan pengalaman pengguna. Karena kelebihannya, plugin gratisan ini dipercaya oleh jutaan publisher di seluruh dunia.

Plugin pengoptimalan kecepatan WordPress memberikan manfaat berikut:

  • Peringkat halaman yang ditingkatkan di mesin pencari terutama untuk situs web yang ramah seluler
  • Perenderan laman yang lebih cepat mengarah pada setidaknya 10x peningkatan kinerja situs secara keseluruhan
  • Penghematan bandwidth hingga 80%
  • Peningkatan waktu pengunjung di situs – mengarah ke lebih banyak konversi
  • Lihat sumber daya resmi ini untuk mempelajari cara mengintegrasikan plugin ini di situs Anda.

2. WP Super Minify untuk mengompresi file HTML, CSS, Javascript

Jelas bahwa file dengan ukuran kompak akan memuat lebih cepat. WP Super Minify membantu mempercepat pemuatan halaman dengan menggabungkan, mengecilkan, dan menyimpan file HTML, CSS inline, dan JavaScript. Menginstal plugin ini sangat sederhana.

Cukup unduh plugin, unggah di file direktori dan aktifkan melalui menu ‘Plugin’ di WordPress.

3. WP Smush untuk mengoptimalkan gambar

Gambar membuat konten lebih bermakna dan menarik. Mereka adalah bagian integral dari situs web. Namun, gambar dengan resolusi yang lebih tinggi cenderung memiliki ukuran file yang lebih besar yang pada gilirannya mengurangi kecepatan situs web. WP Smush adalah plugin pemenang penghargaan yang diakui untuk kompresi gambar. Ini membantu mengurangi ukuran gambar secara keseluruhan tanpa menurunkan kualitas visualnya.

WP Smush adalah plugin masuk untuk satu juta + pengguna WordPress karena alasan berikut:

  • Mendukung semua format gambar standar seperti JPEG, PNG, dan GIF
  • Menghilangkan metadata dan warna yang tidak digunakan dari gambar
  • Menyediakan kompatibilitas dengan plugin lain dan mengompresi setiap gambar di direktori
  • Jika ada beberapa gambar yang akan ditambahkan, ini dapat mengoptimalkan 50 gambar sekaligus

4. Memasukkan Lazy Load menggunakan Lazy Load oleh WP Rocket

Perilaku alami situs web termasuk memuat seluruh konten halaman secara otomatis saat pengguna mengunjungi situs untuk pertama kalinya. Jika halaman web memiliki konten bentuk panjang dengan banyak gambar, tentu saja, waktu pemuatan akan lebih lambat.

Cara efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pemuatan lambat. Ini adalah teknik yang hanya memuat gambar dalam paruh pertama jendela browser pengunjung. Tindakan ini memastikan bahwa halaman tidak memuat konten sekaligus. Misalnya, jika halaman web memiliki sepuluh gambar yang terdaftar, hanya beberapa gambar pertama yang akan dimuat pada awalnya dan sisanya akan dimuat saat pengguna menggulir ke bawah.

Pemuatan lambat oleh roket WP adalah plugin gratis yang memungkinkan hal ini bagi pengguna WordPress. Ini adalah plugin yang sangat direkomendasikan yang mengurangi permintaan HTTP untuk meningkatkan waktu pemuatan awal.

5. Mengoptimalkan Database WordPress menggunakan WP-Optimize

Setiap kali pengguna WordPress menambahkan postingan baru, WordPress membuat revisi untuk halaman atau postingan yang sama. Misalnya, jika seorang blogger mengedit posting empat kali, WordPress membuat tiga salinan dari posting yang sama sebagai revisi. Ini menyebabkan inefisiensi dalam database.

Selain itu, blog dengan banyak posting mungkin telah menerima banyak pesan spam dan komentar yang tidak disetujui di bagian komentar. WP-Optimize membantu menyelesaikan masalah ini dengan menghapus revisi yang tidak perlu yang mengakibatkan pembengkakan dan akses lambat. Ini juga membantu pengguna mengidentifikasi tabel mana dalam database yang berisi data yang tidak perlu. Ini membantu membersihkan tabel komentar dengan menghilangkan semua spam dan komentar yang tidak disetujui yang mengosongkan ruang memori.

WP-Optimize juga menyediakan fitur seperti caching dan kompresi gambar. Ini menjadikannya plugin multiguna dan harus dimiliki oleh pengguna WordPress.

Cara Percepat Web dan blog

Peningkatan Teknis

Selain hanya menggunakan plugin, tim juga harus mempertimbangkan untuk memasukkan peningkatan teknis berikut:

  • Meningkatkan waktu respons server
  • Mengurangi pengalihan
  • Menggunakan CDN untuk memberikan kecepatan halaman secepat kilat bagi pengunjung dari berbagai wilayah geografis
  • Lihat artikel tentang cara meningkatkan kecepatan situs web ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Setelah pengguna WordPress melakukan pengoptimalan yang diperlukan, sangat penting untuk menguji hasilnya. Untuk melakukannya, tim harus menggunakan alat uji kecepatan situs web untuk menguji waktu muat halaman di berbagai perangkat dan browser yang sebenarnya. Ini akan membantu mereka mengevaluasi upaya pengoptimalan mereka.

WordPress telah berkembang sebagai sistem manajemen konten yang sangat disukai selama bertahun-tahun untuk membuat dan memelihara situs web. Agar situs WordPress memberikan hasil yang mengesankan, Cara mengoptimalkan kecepatan website/Blog adalah suatu keharusan. Plugin yang tercantum di atas, jika digabungkan dengan benar akan meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan untuk situs WordPress.

Written by Aditya Sastra
Orang jarang bicara yang paling suka menulis. Sebagai Penulis Konten SEO di Smujib, dia suka sekali berbagi artikel tentang Internet of Things. Profile
Cara Download Video di Web

Cara Download Video Dari Situs Apa Pun

smujib in Web
  ·   2 min read
Blog Dummy

Blog Dummy JITU! Optimasi SEO

smujib in Web
  ·   1 min read

Cara Membuat Blog Menarik

smujib in Web
  ·   6 min read